Lakban dan Kegunaanya Dalam Kehidupan Sehari-hari


Lakban dan Kegunaanya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Anda pasti familiar dengan lakban bening, lakban segel, lakban coklat, lakban printing, lakban kertas dan masih banyak jenis lakban lainnya. Lakban adalah sebuah benda yang dapat Anda temukan baik di rumah, sekolah, maupun di tempat kerja. Benda yang masuk dalam kategori Alat Tulis Kantor (ATK) ini berfungsi untuk menyatukan (lakban packaging), memperbaiki dan bahkan dapat digunakan sebagai tambahan dekoratif untuk berbagai seni dan kerajinan. Dibalik fungsinya sebagai perekat, sifat lakban yang kuat membuatnya cenderung menjadi pilihan praktis dan serbaguna. Lantas, apa yang membuat sebuah lakban berkualitas begitu kuat dan serbaguna?

Asal mula lakban

Pertama-tama, sebagai informasi, lakban mengandung resin polietilen di satu sisi dan perekat berbahan dasar karet yang sangat lengket di sisi bawahnya pada saat dibuka. Lakban juga sangat mudah dibentuk dan dapat menempel pada berbagai permukaan. Pada awalnya lakban dirancang untuk digunakan untuk menjaga kelembaban kotak amunisi pada zaman perang dunia ke-2.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya tingkat diproduksi, lakban digunakan untuk berbagai macam fungsi dalam kehidupan sehari-hari mulai dari pekerjaan perbaikan rumah, sebagai pengikat sebagai pengganti sekrup atau paku, dan dalam pekerjaan yang berhubungan dengan perawatan mobil. Lakban juga sangat populer di berbagai bidang professional seperti kontraktor dalam industri konstruksi untuk hal-hal seperti menutup celah, melakukan perbaikan kecil, melindungi permukaan dari abrasi, dan sebagainya. Sifatnya yang tahan robek, dan melekat pada apa saja membuat lakban diminati hampir semua orang untuk berbagai macam kepentingan, seperti alternatif tambalan untuk peralatan yang robek.

Mengapa lakban begitu kuat?

Lakban, dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Duck Tape. Alasannya penggunaan kata duck atau bebek bukan karena terbuat dari salah satu bagian tubuh bebek, melainkan karena sifatnya yang tahan air seperti bulu pada punggung bebek.

Apa yang membuat lakban begitu kuat? Itu terbuat dari tiga lapisan. Lapisan bawah adalah perekat berbahan dasar karet yang kuat. Lapisan tengah adalah jaring kain kain yang menambah daya tahan. Lapisan atas adalah plastik yang lembut dan tahan air. Meskipun kuat, lakban mudah robek dengan tangan. Ini membuatnya sangat berguna dalam perbaikan karena satu orang dapat dengan cepat dan mudah mengerjakan rekaman itu tanpa bantuan orang lain.

Apa saja kegunaan lakban?

Setelah perang dunia ke-2, lakban menjadi benda sangat serbaguna dan digunakan mulai dari penyegelan, menambal lubang, pengepakan kotak, dan perbaikan alat atau bahan yang rusak. Selain itu ada beberapa aplikasi menarik lainnya untuk lakban - beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.

- Perbaikan rumah sebelum melepaskan kaca jendela yang pecah, lakban membantu mencegahnya agar tidak terlepas saat diganti.

- Mengawetkan makanan dengan menyegel kembali bungkusan atau kaleng dengan lakban.

- Dalam keadaan darurat, lakban dapat digunakan untuk membuat gendongan, membalut luka, atau membalut pergelangan kaki yang terkilir.

Jenis-jenis lakban

Lakban merupakan alat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa jenis lakban yang dapat Anda temukan di Tunas Mitra yakni lakban bening atau opp tape, lakban hitam, lakban coklat, lakban biru, lakban merah, lakban hijau, lakban kuning, lakban putih, lakban jingga lakban segel, dan lakban printing. Jenis lakban tersebut terbuat dari bahan berbeda dan tentunya digunakan dalam sejumlah tujuan yang berbeda

Selain itu Tunas Mitra juga menyediakan lakban dengan berbagai macam spesifikasi berdasarkan lebarnya yakni 12mm, 18mm, 24mm, 36mm, 45mm, 48mm, 60mm, 72mm dan 90mm. Anda juga bisa cetak logo perusahaan Anda hingga 4 warna.

Fakta-fakta menarik tentang lakban

- Lakban dapat memiliki grade yang berbeda, yang membantu menentukan penggunaan lakban tertentu pada situasi tertentu. Indikatornya adalah pada lakban tersebut, bagaimana dibuat dan kekuatannya.

- Lakban membantu menyelamatkan Appolo 13.

Setelah ledakan di modul layanan kapal, tiga anggota awak Apollo 13 dipindahkan ke modul bulan yang dirancang untuk menampung dua orang selama 36 jam. Mereka harus menemukan cara untuk bertahan hidup, dan ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup mereka adalah karbon dioksida yang diciptakan oleh tubuh mereka sendiri. Insinyur di NASA menemukan solusi yang melibatkan penggunaan karton, kantong plastik, komponen pakaian luar angkasa, dan lakban yang disimpan di papan untuk membuat adaptor yang akan menyaring karbon dioksida. Solusi ini akhirnya menyelamatkan nyawa para astronot.

- Digunakan untuk mencegah infeksi.

Untuk melawan infeksi dengan aman sekaligus menghemat waktu dan tenaga dokter, sistem Trinity Medical Center di rumah sakit di Midwest memberikan solusi yang agak sederhana. Mereka menggunakan lakban untuk menandai "zona aman" seluas 3 kaki persegi yang membentang dari pintu masuk ke kamar pasien. Hal ini memungkinkan dokter untuk mengobrol santai dengan pasien mereka tanpa harus mengganti peralatan steril setiap kali mereka ingin check-in.

- Terdapat berbagai jenis lakban sesuai dengan keinginan.

Lakban terdiri dari beragam jenis. Ada lakban satu sisi, lakban dua sisi, lakban pendar dalam gelap, dan lakban kelas nuklir (yang terakhir disertifikasi untuk digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir) dan masih banyak lagi. Namun jika berbicara dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sudah familiar dengan lakban bening, lakban cokelat, lakban hitam dan masih banyak lagi seperti yang telah dibahas pada poin jenis-jenis lakban diatas.

Kesimpulannya, lakban adalah alat multifungsi yang digunakan untuk berbagai macam tujuan karena sifatnya yang kuat dan tahan air membuatnya. Kapanpun Anda membutuhkan perekat yang lentur, kokoh, dan lengket, gunakan lakban.

Tunas Mitra hadir untuk Anda dan menyediakan brand TM Tape yang sudah eksis dipasar lebih dari 20 tahun. Peralatan tape Tunas Mitra sering digunakan dalam bidang elektronik, otomotif, makanan & minum, barang konsumen yang bergerak cepat dan banyak lagi. Lakban atau OPP Tape kami terbuat dari kombinasi BOPP film yang dilapisi dengan acrylic water-based untuk digunakan dalam berbagai macam aplikasi. Lakban kami langsung memberikan kerekatan kepada produk yang cocok untuk pengemasan ringan, sedang, maupun berat. Selain tersedia dalam berbagai macam pilihan warna, fungsi, dan ukuran, Anda juga bisa mencetak lakban perusahaan Anda.

Jika Anda tidak yakin jenis lakban mana yang tepat untuk keperluan Anda, jangan ragu bertanya kepada kami. Tim kami dengan senang hati memberi tahu Anda, dengan pengetahuan terkini tentang aplikasi ideal untuk setiap produk kami guna membantu Anda membuat pilihan yang tepat. Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga.

Share This Articles

Recent Articles

3 Cara Mengurangi Cost Pemakaian Lakban
3 Cara Mengurangi Cost Pemakaian Lakban

Lakban pada umumnya terdiri dari 3 area ukuran (faktor lebar, faktor tebal, dan faktor panjang)

Read Article
Apa Itu OPP Tape?
Apa Itu OPP Tape?

OPP Tape atau lakban mampu menempel erat dan kuat di segala permukaan baik terbuat dari karton box,...

Read Article
Distributor Double Tape Bekasi
Distributor Double Tape Bekasi

Apakah Anda sedang mencari distributor double tape di daerah bekasi dan sekitarnya?, Jika benar, mak...

Read Article